Terimakasih atas kunjunagan anda
Batman Begins - Diagonal Resize 2

Jumat, 01 November 2013

Ekonomi Dunia Tahun Depan Masih Murung, Indonesia Ikut Melambat

Kondisi geliat pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan diproyeksikan masih melambat. Kondisi ini terjadi karena lesunya perekonomian global. 

"Tahun depan petanya masih akan sama dengan tahun ini. Tidak banyak konfigurasi perubahan ekonomi di dunia dan domestik. Ekonomi dunia masih murung seperti dua atau tiga tahun lalu," ucap Pengamat Ekonomi dari INDEF Ahmad Erani Yustika pada acara diskusi di Hotel JW Luwansa, Jakarta, Selasa (26/11/2013).

Erani menjelaskan, kegiatan ekspor tahun depan belum bergairah, ini akibat rendahnya harga sejumlah komoditas dan masih rendahnya pemintaan dari pasar internasional. 

Selain itu, laju inflasi tahun depan diproyeksikan masih akan tinggi. "Ada dampak kenaikan BBM di akhir tahun (2013) dan awal tahun 2014. Inflasi di angka 9%. Pendapatan riil masyaratan turun," jelasnya.

Kondisi ekonomi Indonesia di 2014 juga akan dipengaruhi pemilu. Menurutnya, fokus pemerintah diperkirakan lebih pada persoalan politik ketimbang ekonomi.

"Tahun depan merupakan tahun politik, fokus pemerintah tidak bisa diharapkan untuk aspek-aspek ekonomi," tuturnya.

Seperti diketahui, Bank Indonesia (BI) memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan ada di kisaran 5,8-6,2%.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review